Monday 3 October 2016

Euro Management Indonesia adalah PENIPU ?



Beredarnya info mengenai  Euro Management Penipu dengan judul thread “ agen studi ke jerman”  di forum kaskus membuat banyak masyarakat Indonesia bertanya-tanya. Link tersebut bisa Anda baca di : http://archive.kaskus.co.id/thread/1525264/ yang berisikan tentang thread yang mempertanyakan bahwa apakah Euro Management Indonesia adalah PENIPU.

Dalam thread tersebut, banyak tanggapan yang di lontarkan oleh para kaskusker yang bernada cemohan maupun hujatan. Seperti akun keeprock, dia bahkan melontarkan cacian dan merasa pernah menjadi korban penipuan dari jasa EM (Euro Management) tersebut. Dan banyak juga yang bertanya-tanya apakah isu tersebut benar adanya atau tidak.

Seperti akun “sekaligoos” misalnya, dia membuat thread dengan judul : “Mohon Info Apakah Euro management Penipu?” di forum Kaskus.  Akun tersebut bertanya mengenai jasa EM yang sudah menjadi viral diakhir-akhir ini bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah keluar negri. Dalam threadnya tersebut banyak orang yang menanggapinya secara dingin dan sinis. 

“Gak usah pake agent seperti Euro Management, Prime dll kalau mau kuliah di luar. Itu jatuhnya lebih mahal, kalo pengen study overseas mending research sendiri, tanya orang Indo yg kuliah di abroad sana dan bisa ente cari di forum regional Kaskus. Biayanya jauh lebih murah.”  Itulah quote atau komentar yang ditulis oleh akun Surya0xx dalam menanggapi thread diatas.

Menanggapi isu yang beredar di internet, khususnya di forum Kaskus, pihak EM Indonesia membuat surat pernyataan klarifikasi di situs blognya. Mereka menjelaskan bahwa Euro Management Indonesia adalah Institusi Pendidikan yang mempunyai Sertifikat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dalam surat klarifikasi itu juga, EM akan mempidanakan orang atau oknum-oknum yang secara sengaja menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian bagi pihak perusahaan EM tersebut.

Namun untuk menjadi perhatian kepada masyarakat Indonesia, khususnya bagi mahasiswa/i yang ingin kuliah keluar negri, hendaknya haruslah berhati-hati dalam menggunakan jasa konsultasi pendidikan atau biro jasa apapun. Kenali dahulu biro jasa tersebut, sehingga kedepannya Anda tidak akan tertipu. Lihat saja seperti halnya informasi tentang biro jasa haji akhir-akhir ini di Sulawesi Selatan yang menggunakan visa palsu melalui kuota haji dari negara Filiphina. Banyak calon haji Indonesia yang tertipu oleh biro jasa yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Dalam artikel ini, saya tidak menuduh atau menjust perusahaan mana saja yang  berbuat hal semacam itu. Tidak ada tujuan apapun untuk menjatuhkan atau merugikan pihak manapun. Kiranya dengan artikel ini, bisa menjawab tentang isu-isu yang beredar simpang siur selama ini.

Sebagai informasi bahwa Euro Management Indonesia adalah suatu lembaga yang bergerak di bidang pelayanan jasa dan konsultasi pendidikan internasional untuk calon mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke berbagai perguruan tinggi di negara-negara Eropa, khususnya di negara Jerman dan Prancis. Euro Management Indonesia ini didirikan oleh beberapa mahasiswa Indonesia di Jerman pada tahun 2002, tepatnya di kota Pforzheim, negara bagian Baden Württemberg, pada saat mereka sedang menyelesaikan program MBA.

1 comment:

  1. Untuk judul nya sangat menjatuhkan Euro Management Indonesia, mohon untuk di ganti karena sangat berimbas buruk Pada Perusahan Euro Management Indonesia.

    ReplyDelete